Tumbuh Uban di Usia Muda, Yuk Kenali Penyebabnya

Uban sering diidentikkan dengan pertambahan usia. Padahal, rambut beruban juga bisa dijumpai pada orang-orang muda. Kemunculan uban sering dikaitkan dengan bertambahnya usia. Namun, ada kalanya uban muncul lebih dini.

Bagi sebagian masyarakat, uban seolah menjadi penanda bahwa seseorang sudah mulai menua. Ada juga anggapan bahwa uban yang muncul lebih dini berarti orang tersebut mudah marah atau sering stres.

Faktanya, seseorang yang masih muda sekalipun juga bisa ubanan, lho. Berikut ini adalah beberapa penyebab uban di usia muda yang pertama adalah kekurangan vitamin tertentu. Penyebab tumbuh uban di usia muda yang pertama adalah kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin D atau vitamin E dapat menyebabkan uban timbul lebih dini.

Yang kedua yaitu genetik atau faktor keturunan. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology pada tahun 2013, disebutkan bahwa uban yang muncul lebih dini dapat berkaitan dengan faktor genetik atau keturunan di keluarga. Selain itu, ras dan etnis tertentu juga bisa berperan.

Studi yang sama dilakukan pada ras Kaukasian, dan ditemukan bahwa uban dapat dimulai di usia 20 tahun. Sedangkan, pada ras Asia dapat dimulai di usia 25 tahun dan ras Afrika-America di usia 30 tahun.

Selanjutnya yaitu kondisi medis tertentu. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, disebutkan bahwa gangguan fungsi tiroid juga bisa menyebabkan uban muncul di usia dini. Selain itu, kondisi vitiligo juga dapat membuat rambut menjadi putih karena kematian sel pigmen melanin yang berperan dalam pewarnaan rambut.

Faktor selanjutnya yaitu stres. Stres bisa menjadi salah satu pemicu munculnya uban di usia muda. Di masyarakat berkembang mitos bahwa orang yang beruban di usia dini berarti banyak masalah atau stres. Faktanya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh New York University di Amerika Serikat dan dipublikasikan di jurnal Nature Medicine, ditemukan bahwa sel yang bertugas untuk pewarnaan rambut dapat berkurang ketika Anda sedang stres.

Meski begitu, penelitian lain menyebutkan bahwa stres dapat menjadi salah satu faktor, namun persentasenya kecil dan lebih sering disebabkan oleh faktor lain.

Kebiasaan merokok juga menjadi faktor tumbuhnya uban diusia muda. Merokok tak hanya dapat menyebabkan risiko penyakit jantung, kanker, stroke, ataupun hipertensi saja. Namun, gaya hidup tidak sehat ini juga dapat memicu uban muncul lebih cepat.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di  Italian Dermatology Online Journal pada tahun 2013, disebutkan bahwa perokok berisiko 2,5 kali lebih tinggi timbul uban sebelum usia 30 tahun dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Faktor tumbuhnya uban lainnya yaitu dampak penggunaan produk penataan rambut. Hati-hati, produk pewarna rambut, sampo dan produk rambut lainnya juga dapat menyebabkan uban timbul lebih dini. Sebab, beberapa produk ini bisa saja mengandung bahan kimia berbahaya yang berisiko mengurangi produksi melanin dan menyebabkan rambut beruban.

Hidrogen peroksida yang banyak terdapat pada produk pewarnaan rambut misalnya, merupakan salah satu bahan kimia yang dapat menyebabkan uban timbul lebih dini bila digunakan secara berlebihan. Jadi, usahakan berhati-hati dalam memilih produk perawatan rambut, ya.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *