Buah Duwet Atau Buah Jamblang, Si Hitam yang Kaya Manfaat

 Apa itu buah jamblang? Buah ini terkenal dengan nama buah juwet atau duwet.

Nama ilmiah buah jamblang yakni Syzygium cumini. Buah yang mirip anggur ini rasanya asam manis karena itu kerap diburu untuk ibu hamil muda. Harganya pun tergolong murah di pasaran. Buah ini berasal dari Asia Selatan. Buah ini dulu populer di Indonesia, namun buah ini kini semakin langka.

Buah yang memiliki warna hitam dan berasa masam ini menyimpan beragam manfaat diantaranya yaitu atasi sembelit. Buah jamblang dipercaya dapat mengatasi sembelit sebab mengandung serat. 0,9 Gram serat tersedia di dalam 100 gram buah jamblang. Buah jamblang juga bisa dibuat jus.

Manfaat yang kedua yaitu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Buah jamblang baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Sebab dalam 100 gram buah ini terkandung 1,7 mg zat besi, 16 mg kalsium, 16,7 mg pospor, dan 36 mg magnesium. Makan buah ini juga bisa meredakan radang sendi dan osteoporosis.

Manfaat lain untuk mengtasi anemia. Buat pengidap anemia, buah jamblang pilihan terbaik. Sebab buah jamblang mengandung zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan sel darah merah di tubuh. Ibu hamil pun disarankan untuk makan buah jamblang.

Manfaat selanjutnya yaitu kurangi minus dimata. Ini kabar baik untuk yang matanya minus dan nggak doyan wortel. Buah jamblang dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi minus di mata.

Buah jamblang atau buah juwet atu buah duwet juga bermanfaat untuk mengatasi  gangguan lambung seperti maag. Masyarakat India kerap mengonsumsi buah ini untuk mengatasi gangguan lambung.

Buah duwet memiliki efek menurunkan kadar gula dalam tubuh sehingga baik untuk dikonsumsi untuk mencegah diabetes juga cocok untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain buah duwet, biji dan ekstraksi daunnya pun dapat dikonsumsi sebagai obat diabetes.

Manfaat-manfaat di atas tentunya akan didapatkan dengan mengonsumsi buah duwet secara teratur dan dengan cara pengolahan yang benar. Nah, perlu diketahui, buah duwet tidak hanya memiliki warna hitam, namun juga ada buah duwet dengan warna putih.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *