Kenapa Kaktus Mampu Tumbuh di Padang Pasir?

Tahukah anda kenapa tumbuhan kaktus mampu tumbuh di padang pasir, sedangkan tanaman lain tidak ada yang bisa bertahan? Apa yang membuat tanaman kaktus ini begitu istimewa sampai bisa tumbuh di padang pasir?

Padang pasir adalah kawasan tandus yang sama sekali tidak memiliki kandungan air. Seperti namanya, hanya ada pasir yang kering saja yang terdapat di tempat semacam ini.

Padahal setiap makhluk hidup sangat membutuhkan air, termasuk tumbuh-tumbuhan. Kalaupun turun hujan di tempat ini biasanya akan langsung hilang karena padang pasir tidak mampu menyimpan atau menyerap air. Karena itulah jika anda pernah menginjakkan kaki di padang pasir bisa merasakan begitu gersangnya tempat semacam ini. Tak ada satupun tumbuhan yang bisa bertahan atau tumbuh di tempat ini.

Lantas kenapa hanya kaktus mampu tumbuh di padang pasir yang begitu tandus? Inilah keistimewaan kaktus dibandingkan tanaman lainnya.

Kaktus merupakan tanaman yang hampir seluruh bagiannya mengandung air. Dari bagian batang hingga akarnya juga mengandung air. Yang menarik, tumbuhan ini memiliki kemampuan dalam menyerap dan menyimpan air. Melalui mekanisme ‘menghidupi diri sendiri’ kaktus akan menggunakan air yang disimpannya untuk menghidupi dirinya sendiri. Itulah salah satu sebab kaktus mampu tumbuh di padang pasir.

Lantas persoalannya, darimana air yang tersimpan dalam tanaman ini berasal?

Meskipun sangat jarang sekali terjadi hujan di kawasan ini, namun saat hujan turun sekali saja, maka tanaman berduri ini langsung menyerap dan menyimpannya, bahkan hingga berbulan-bulan. Selain itu kaktus juga sangat pandai dalam memanfaatkan embun yang tak jarang terjadi saat menjelang pagi. Selain menyerap, tanaman ini juga akan menyimpannya dalam batangnya.

Kemampuan dalam menyerap dan menyimpan air inilah keistimewaan tanaman ini sehingga kaktus mampu tumbuh di padang pasir. Tak ada mekanisme semacam ini ditemukan pada jenis tumbuhan lainnya.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *