Bagaimana Proses Terjadinya Embun Dipagi Hari ?

Saat kita keluar rumah di pagi hari, kita sering menjumpai embun. Entah itu di daun, halaman rumah, di atas mobil, atau dimana saja. Sebenarnya bagaimana embun bisa terbentuk?

Suhu dingin dan kondisi yang tenang adalah salah satu faktor embun terbentuk. Embun adalah hasil dari uap-uap air yang kembali berubah menjadi titik-titik air. Peristiwa penguapan air terjadi di malam hari, saat suhu udara cukup dingin dan kondisi yang tenang. Kenapa harus dalam kondisi dingin? Udara itu memiliki satu titik jenuh yang tidak dapat lagi menampung uap yang lebih banyak. Dalam kondisi seperti ini, uap air yang tidak berhasil ditampung akan kembali berubah menjadi titik-titik air.

Nah, inilah yang terjadi saat malam hari, yaitu suhu udara menurun dan menyebabkan udara berada di titik jenuh. Titik jenuh karena penurunan suhu udara ini yang kita kenal sebagai titik embun.

Selain karena suhu udara lebih dingin, angin juga ternyata tidak banyak berhembus di malam hari. Di saat angin tidak banyak berhembus, uap air yang ada akan lebih mudah menempel pada benda-benda di luar seperti daun, rumput, ataupun mobil. Benda-benda itu biasanya akan bersuhu dingin pada malam hari, sehingga mengubah uap-uap air yang menempel pada benda itu menjadi jenuh. Lalu uap-uap air itu berubah menjadi titik-titik air. Inilah embun yang sering kita lihat di pagi hari.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *