Apa Perbedaan Keong Mas Dan Keong Sawah?

Siapa yang tidak kenal dengan keong mas dan keong sawah ( tutut , dua organisme yang berasal dari keluarga mollusca ini sering ditemui dilahan pertanian terutama dilahan persawahan. Sama – sama dari keluarga Mollusca dan sama-sama hidup dalam perairan lantas apa perbedaan tutu dan keong mas?

Dalam hal ini untuk membedakan antara keong mas dan tutut (Keong Sawah) blog sampul pertanian sudah merangkum beberapa perbedaan dari kedua organisme ini. adapun perbedaannya adalah ukuran cangkang. Keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck) mempunyai ukuran cangkang yang lebih besar dibanding dengan tutut, ukuran cangkang dari keong mas dewasa bisa mencapai 3 sampai 4 cm dengan berat 10 sampai 20 gram bahkan untuk habitat yang baik keong mas mampu tumbuh lebih besar. Tutut (Bellamiya javanica) atau sering disebut dengan keong sawah saat dewasa mempunyai ukuran cangkang sekitar 15-25cm dengan mempunyai berat sekitar 4-5 gram.

Kemudian warna cangkang. Keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck) cenderung mempunyai warna kuning atau warna keemasan pada bagian cangkangnya, sedangkan Tutut (Bellamiya javanica) mempunyai warna yang hitam atau lebih gelap jika dibandingkan dengan keong mas.

Perbedaan selanjutnya yaitu ulir pada cangkang. Keong mas mempunyai ulir pada cangkangnya lebih kecil sehingga cangkang keong mas terlihat sedikit membulat jika dibandingkan dengan tutut atau keong sawah. Tutut mempunyai ulir pada cangkangnya lebih besar atau lebih lebar sehingga cangkang tutut lebih terlihat sedikit lebih panjang jika dibandingkan dengan keong mas.

Siklus hidup Keong mas mempunyai siklus hidup bertelur diluar atau sering menempelkan telurnya di bagian tanaman, tembok atau bantang kayu yang ada perairan, sedangkan Tutut bertelur didalam atau disebut dengan ovovivipar yakni bertelur dan beranak, telur disimpan sampai telur berkembang menjadi anakan yang kemudian dikeluarkan atau dimuntahkan oleh indukan.

Perbedaan yang terakhir adalah makanan. Keong mas memakan atau menyerang tanaman yang masih muda, contohnya bibit tanaman padi atau dedaunan yang merupakan makanan favoritnya, sedangkan Tutut mencari makan seperti ganggang atau sisa-sisa dari organisme.
admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *