Latoh, Rumput Laut Lokal Bercita Rasa Tinggi yang Sangat Nikmat

Latoh atau lawi-lawi merupakan salah satu spesies rumput laut yang masuk dalam Familia Chlophyceae bernama latin Caulerpa sp. Dibandingkan dengan spesies rumput laut Eucheuma cottoni dan Gracilaria sp., latoh terbilang kurang populer. Biasanya latoh dikonsumsi sebagai lalapan yang cukup diminati oleh masyarakat lokal.

Dalam diagram klasifikasi makhluk hidup, latoh termasuk tumbuhan tingkat rendah yang hidup dan menempel pada substrat berupa batuan karang atau pasir di lautan. Latoh berwarna hijau dengan thallus (cabang) berbentuk lembaran, batangan, hingga bulatan. Tidak memiliki akar, batang, maupun daun sejati. Latoh memiliki tekstur lunak keran dan siphonous. Berkembang biak secara vegetatif dengan penyatuan gamet, spora, dan fragmentasi thallus.

Selain dikonsumsi, latoh sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai jenis obat karena mengandung senyawa antibakteri, antijamur, serta zat bioaktif yang mampu menekan tekanan darah tinggi dan tumor. Kandungan klorofil yang tinggi memiliki manfaat sebagai antikarsinogenik. Tak hanya itu, latoh juga kaya akan serat, selenium, dan seng yang dapat mereduksi hormon esterogen yang terlalu tinggi sehingga menurunkan resiko kanker.

Latoh biasanya diperoleh dengan cara memanennya di lautan. Namun mengingat potensi ekonominya yang tinggi, kini latoh telah banyak dibudidayakan di wilayah-wilayah pesisir Jawa Tengah di Rembang. Proses budidaya latoh cukup mudah tanpa perlu perlakuan khusus, dapat dilakukan di tambak-tambak ikan setelah masa panen ikan telah usai.

Memiliki cita rasa yang asin dan gurih dari air laut, latoh tidak perlu dimasak terlebih dahulu untuk diolah menjadi suatu hidangan. Cukup dengan dicuci sampai bersih kemudian dibilas dengan air hangat, selanjutnya tinggal ditambahkan bumbu sesuai menu yang akan dibuat. Masyarakat lokal Jepara dan Rembang sering mengolah latoh menjadi hidangan urap atau hanya dimakan langsung dengan sambal.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *