Udang Bikin Alergi? Ini Di Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Memiliki alergi pada satu makanan tertentu terkadang menyulitkan, termasuk saat memiliki alergi terhadap udang. Sebagai salah satu menu seafood favorit, udang memiliki kadar protein tinggi yang baik bagi tubuh. Tapi tidak semua orang bisa nyaman menyantap udang. Beberapa orang justru menghindari jenis makanan laut yang satu ini karena alergi udang. Pasalnya, alergi yang ditimbulkan udang nggak bisa dianggap sepele. Sekali terserang, kamu bakal merasakan gatal yang luar biasa pada sekujur tubuh hingga sensasi kulit yang memerah (inflamasi). Sajian udang yang tadinya terlihat nikmat, justru membuat kamu takut. Pada akhirnya, kamu akan bersikap selektif terhadap makanan laut yang akan dikonsumsi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan anda alergi terhadap udang. Salah satunya reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan menjadi penyebab utama alergi. Zat protein yang tinggi dalam udang maupun makanan laut tertentu memancing antibodi kita buat beraksi. Tubuh mengira protein dalam udang adalah zat beracun sehingga secara otomatis langsung terjadi penolakan. Dalam proses penolakan tersebut, tubuh akan melepaskan zat kimiawi bernama histamin yang menciptakan peradangan. Di sinilah, kamu akan merasakan gatal yang berlebih serta kulit yang memerah usai menyantap udang. Lantaran tiap orang memiliki sistem antibodi yang berbeda, momen munculnya alergi bisa bervariasi. Jika kebanyakan orang akan merasakan gatal berlebih setelah menyantap udang, beberapa justru sudah merasakan reaksi tersebut saat mencium aromanya.

Alergi terhadap udang dan makanan laut lainnya tidak bisa dianggap sepele. Jika dibiarkan, nggak cuma rasa gatal yang timbul. Gangguan pernafasan hingga jantung bisa terjadi jika alergi yang muncul sudah parah. Meski nggak bisa disembuhkan, alergi terhadap udang masih dapat diminimalisir. Caranya pun terbilang beragam sekali. Pastikan, kamu selalu sedia air putih hangat sebelum menyantap udang. Secara medis, konsumsi air putih mampu menetralisir kadar racun dalam darah maupun reaksi berlebih antibodi terhadap protein udang.

Namun, jika sudah terlanjur merasakan alergi, satu sendok madu manis bakal menyelamatkan kamu. Dicampur dengan air hangat, madu memiliki bahan antioksidan dan mineral yang akan mengurangi tingginya kadar histamin.

Selain itu, buah-buahan dengan vitamin C di dalamnya seperti lemon sangat ampuh mencegah reaksi gatal dari alergi udang. Kadar histamin yang terkandung dalam darah pun dapat terkikis dengan vitamin C.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *