Hemm Menikmati Citarasa Lontong Khas Rembang

Lontong Tuyuhan adalah salah satu makanan khas Rembang, Jawa Tengah. Warga Rembang dan sekitarnya pasti tak asing dengan hidangan ini. Ternyata kuliner ini sudah  terkenal sampai ke luar daerah Rembang. Dinamakan Lontong Tuyuhan karena pembuat dan penjual makanan ini awalnya berasal dari Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Rembang.

Lontong Tuyuhan berupa irisan lontong yang disiram dengan kuah opor ayam kental dan pedas. Namun lontongnya berbeda dari biasanya, karena Lontong Tuyuhan berbentuk segitiga. Tak ada sayur-mayur yang disertakan dalam masakan ini. Perpaduan antara lontong yang lembut dengan kuah opor dan ayam yang gurih pasti menambah selera makan Anda. Apalagi aroma rempah-rempah dari bumbunya terus terasa sampai habis.

Sepintas kuah Lontong Tuyuhan ini mirip kuah opor, namun ia lebih berempah. Ada sedikit tendangan pedas di dalamnya. Warna kuah yang keruh barangkali karena bumbunya yang cukup kaya. Bumbu-bumbu yang digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, daun jeruk, laos, cabai, garam, pala, kunyit dan jahe. Selain ayam ada pula tahu dan tempe sebagai pelengkap. Tempe yang dipakai adalah tempe tradisional yang dibungkus daun dan berukuran cukup besar.

Lontong tuyuhan diracik di pikulan yang terbuat dari bambu dan rotan. Konsep kedai lontong juga umumnya seragam yakni, menyediakan dingklik atau bangku kayu dan meja panjang. Bila ingin mencicipi Lontong Tuyuhan, arahkan saja kendaraan ke Pusat Lontong Tuyuhan. Di pusat kuliner tersebut, terdapat kios-kios kecil yang menjajakan menu yang sama. Tak hanya sepiring lontong yang enak. Anda juga bisa memanjakan mata dengan pemandangan desa dan pegunungan di sana.

Jangan pernah ngaku datang ke Rembang ya, selama anda belum mencicipi makanan khas Rembang ini, yaitu ” Lontong Tuyuhan”.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *